Pengenalan Bahasa Pemrograman Swift

Apa itu Swift

Swift merupakan sebuah bahasa pemrograman yang cukup baru. Swift sengaja dibuat sedemikian rupa agar mudah dan cepat untuk dipelajari.

Apple mengembangkan Swift untuk mengembangkan apps-apps pada produk-produknya. Pada tahun 2015 Apple melepas Swift pada komunitas open source dan tentu saja komunitas dapat menerima dengan antusias. Saat ini Swift masih aktif dikebangkan oleh ribuan orang dari seluruh dunia. Melihat dukungan seperti ini, Swift diperkirakan akan menjadi salahsatu bahasa pemrograman populer.

Cukup masuk akal bila Swift adalah pilihan yang tepat untuk dipelajari. 🙂

XCode

Secara teknis, sebenarnya mungkin saja bila kita mengembangkan aplikasi dengan swift menggunakan environment open source. Namun, cara termudah adalah dengan menggunakan XCode. Sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang berjalan di atas sistem operasi macOS. Dengan XCode, kita dapat menulis program pada Playground yang mana secara interaktif akan menjalankan dan mengeksekusi kode yang kita tulis tanpa prosedur yang rumit. XCode sendiri dapat diunduh secara bebas dari Mac App Store.

Playground

Salah satu fitur yang menarik dari XCode adalah Playground. Playground merupakan fitur XCode yang memungkinkan kita menulis kode Swift dan otomatis akan mengeksekusi kode kita secara interaktif. Fitur ini sangat bermanfaat saat kita menulis sebuah percobaan dalam bahasa Swift, tanpa rumit.

Untuk menggunakan Playground, kita cukup memilih menu File > New > Playground. Selebihnya kita langsung dapat menulis apapun kode yang kita mau.

Selain itu, pada tahun 2016 Apple telah merilis Playground pada iPad yang memudahkan kita untuk menulis kode Swift, dan menjalankannya langsung.

Mari belajar Swift 🙂

1 thought on “Pengenalan Bahasa Pemrograman Swift

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.